- Lingkungan yang bersih dan tertata rapi
- Sarana dan prasarana di kelas dan di luar kelas mudah diakses oleh semua warga sekolah termasuk yang memiliki kebutuhan khusus
- Perabot kelas dibuat fleksibel, mudah disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik kuantitas fasilitas sesuai dengan jumlah warga sekolah
- Interaksi positif antar warga sekolah, termasuk budaya saling menghargai dan saling menolong; bebas pelabelan negatif dan perundungan
- Ada aturan yang masuk akal, spesifik, dan mudah diterapkan
- Ada rutinitas dan pembiasaan positif, termasuk yang menciptakan struktur sehingga peserta didik dan guru mudah menjalani hari
- Ada mekanisme penanganan pelanggaran aturan dan perilaku kurang baik
- Peserta didik belajar sesuai tingkat kemampuan, berdasarkan hasil asesmen
- Semua peserta didik, termasuk yang berkebutuhan khusus mendapat perhatian, dan kesempatan yang setara dalam pembelajaran maupun kegiatan lain
- Semua peserta didik, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus mendapat kesempatan yang setara dalam mengembangkan potensinya
- Guru tidak perlu mengeluarkan suara keras karena peserta didik siap mendengarkan dengan tenang
- Peserta didik mengetahui apa yang perlu mereka capai dan berusaha mencapainya
- Pengaturan ruang kelas memudahkan dan mendukung proses pembelajaran
- Peserta didik berkolaborasi satu sama lain
- Peserta didik fokus bekerja namun rileks dan ceria
Jawaban : Posisi duduk guru dan media pembelajaran membatasi peserta didik berkebutuhan khusus untuk berpartisipasi secara optimal
Jawaban : Mencari tahu kemampuan peserta didik dan berusaha menyesuaikan materi pembelajaran
Jawaban : Semua warga sekolah saya (guru, peserta didik, kepala satuan pendidikan, staf, dan warga sekolah lainnya) menerima dan menghargai perbedaan yang ada
Jawaban : Materi dan pendekatan dapat disusun secara seragam untuk semua peserta didik
Jawaban : Asesmen peserta didik oleh tenaga profesional
Suasana kelas saya masih ada beberapa anak yang tidak terlibat aktif menyelesaikan tugas. Yang akan saya lakukan adalah mengetahui penyebab anak tidak aktif melaksanakan tugas/
Jawaban : Ia ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika menghitung dengan teliti.
Jawaban : Pak Jaya perlu mengganti metode penyampaian materi dengan cara yang lebih interaktif.
Jawaban : Strategi yang saya lakukan belum efektif. Strategi yang saya lakukan adalah saya akan menata ruang kelas memudahkan dan mendukung proses pembelajaran
1. | Aksesibilitas merupakan salah satu unsur penting dalam lingkungan belajar yang aman, ramah, dan menyenangkan. Perhatian, kesempatan, dan perlakuan setara yang diperoleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk aksesibilitas... | |
A. | fisik | |
B. | non-fisik | |
C. | akademik | |
D. | non-akademik | |
Pembahasan : Jawaban : B. non-fisik | ||
2. | Tutor sebaya menjadi strategi yang membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Manakah diantara prinsip berikut yang kurang tepat dalam penerapan strategi tutor sebaya? | |
A. | Harus ada kesukarelaan baik dari yang membantu maupun yang dibantu | |
B. | Peserta didik yang terlibat perlu diberikan informasi mengenai manfaat tutor sebaya | |
C. | Tugas tutor sebaya harus jelas, spesifik, dan disepakati antara guru dan tutor | |
D. | Peserta didik yang menjadi tutor sebaya harus yang paling cerdas di kelas | |
Pembahasan : Jawaban : D. Peserta didik yang menjadi tutor sebaya harus yang paling cerdas di kelas | ||
3. | Cerita Aldi & Pak Budi Berapa jumlah ketiga kelompok ini? Tanya pak Budi sambil menunjuk gambar di papan dan memberikan sedikit waktu kepada Aldi untuk menjawab. “24, Pak,” jawab Aldi.“Bagaimana, apakah betul 24?” Tanya pak Budi kepada semua peserta didik di kelas?“Betul, Pak,” sahut mereka.“Bagus, Aldi, yang sudah menghitung dengan lebih teliti. Terima kasih semua yang membantu” puji Pak Budi.“Anak-anak ingat ya, bahwa perkalian itu merupakan penjumlahan yang berulang. Coba nanti kalian kembali berlatih perkalian, ya karena kita akan banyak menggunakan perkalian dalam kehidupan sehari-hari,” Pak Budi mengingatkan sebelum melanjutkan penjelasan. Dalam cerita Aldi dan pak Budi, mengapa pak Budi tidak segera memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan? | |
A. | la ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika menghitung lebih teliti | |
B. | la ingin membuktikan dugaannya bahwa Aldi perlu berlatih perkalian lebih banyak | |
C. | la berusaha meyakinkan semua peserta didik bahwa soal itu sangat mudah | |
D. | la Ingin mendapat kesempatan memuji Aldi di depan teman sekelasnya | |
Pembahasan : Jawaban : A. la ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika menghitung lebih teliti | ||
4. | Adanya rutinitas harian di satuan pendidikan memudahkan peserta didik dan guru karena ... | |
A. | memfasilitasi kolaborasi antar kelas di satuan pendidikan | |
B. | menjadi salah satu pembiasaan positif yang menciptakan struktur dalam keseharian di sekolah | |
C. | dasar pemberian sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan | |
D. | membantu peserta didik melepaskan emosi negatif yang mereka mungkin bawa dari rumah agar dapat belajar dengan lebih tenang | |
Pembahasan : Jawaban : B. menjadi salah satu pembiasaan positif yang menciptakan struktur dalam keseharian di sekolah | ||
5. | Salah satu strategi pengelolaan kelas yang membangun pola pikir positif dan motivasi dalam diri peserta didik adalah ... | |
A. | memenuhi semua keinginan peserta didik saat jam pembelajaran | |
B. | memberi pujian kepada peserta didik yang mendapat nilai tinggi | |
C. | memuji upaya serius yang dilakukan peserta didik dalam mendukung pembelajarannya | |
D. | melakukan aktivitas bermain dalam pembelajaran | |
Pembahasan : Jawaban : C. memuji upaya serius yang dilakukan peserta didik dalam mendukung pembelajarannya | ||
6. | Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik dalam melakukan pengelolaan kelas, kecuali ... | |
A. | menentukan rutinitas sepanjang hari di kelas sesuai kemampuan pendidik | |
B. | membuat kesepakatan kelas dan aturan sebagai pedoman perilaku peserta didik | |
C. | mengupayakan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik | |
D. | mengupayakan lingkungan kelas bersih, aman, nyaman, dan segala sesuatu di dalamnya mudah diakses | |
Pembahasan : Jawaban : A. menentukan rutinitas sepanjang hari di kelas sesuai kemampuan pendidik | ||
7. | Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang terus mendapatkan nilai rendah di pelajaran matematika. la sering melamun dan mencoret-coret tanpa makna di buku latihan Matematika. Apa yang sebaiknya dilakukan guru terhadap peserta didik ini? | |
A. | melakukan asesmen kemampuan Matematika (numerasi) untuk mengetahui apakah tingkat kesulitan materi pembelajarannya sudah sesuai | |
B. | mengingatkan peserta didik tersebut agar berusaha lebih giat termasuk belajar di rumah dengan bantuan orang tuanya atau lembaga les privat | |
C. | memberikan soal-soal latihan yang lebih banyak sebagai bahan latihan saat jam istirahat atau sepulang sekolah | |
D. | meminta dukungan orang tua agar menyediakan guru pendamping | |
Pembahasan : Jawaban : A. melakukan asesmen kemampuan Matematika (numerasi) untuk mengetahui apakah tingkat kesulitan materi pembelajarannya sudah sesuai | ||
8. | Terkadang sebagian peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor berikut, kecuali ... | |
A. | Tugas yang diberikan seragam untuk semua peserta didik | |
B. | Jarak antara apa yang diketahui peserta didik dengan apa yang dipelajari terlalu jauh | |
C. | Peserta didik belum memiliki kemampuan awal yang tepat untuk dapat mengikuti pembelajaran | |
D. | Pendidik menelusuri kemampuan awal peserta didik untuk materi yang akan diajarkan | |
Pembahasan : Jawaban : D. Pendidik menelusuri kemampuan awal peserta didik untuk materi yang akan diajarkan | ||
9. | Pengelolaan kelas perlu dilakukan oleh pendidik dengan memperhatikan karakteristik satuan pendidikan, baik peserta didik maupun pendidik itu sendiri. Usaha yang dilakukan dalam pengelolaan kelas akan berdampak terhadap ... | |
A. | meningkatnya kesadaran diri sebagai pendidik, peningkatan kesadaran peserta didik, dan menciptakan kontrak sosial | |
B. | meningkatnya kesadaran peserta didik, menciptakan kontrak sosial dan mengevaluasi masalah | |
C. | diperolehnya informasi berkenaan masalah, menilai alternatif, dan peningkatan kesadaran peserta didik | |
D. | meningkatnya kesadaran sebagai pendidik, dan mengidentifikasi masalah | |
Pembahasan : Jawaban : C. diperolehnya informasi berkenaan masalah, menilai alternatif, dan peningkatan kesadaran peserta didik | ||
10. | Perhatikan pernyataan berikut!
| |
A. | 1 dan 2 | |
B. | 1 dan 3 | |
C. | 2 dan 3 | |
D. | 2 dan 4 | |
Pembahasan : Jawaban : B. 1 dan 3 11. Dalam kasus SD Makmur, Dina kemungkinan besar merasa lingkungan belajarnya tidak aman, ramah, dan menyenangkan. Setidaknya ada 2 permasalahan utama yang perlu diatasi dari kasus Dina, yaitu … A. jumlah kamar mandi yang terbatas dan perundungan. Jawaban : D 12. Pada saat merencanakan pembelajaran, Bu Ceria menggunakan informasi berkenaan dengan perkembangan peserta didik. Beberapa diantaranya memiliki hambatan intelektual. Informasi perkembangan dan hambatan belajar dilakukan dari kegiatan … A. asesmen belajar C. test awal pembelajaran D. masa pengenalan lingkungan belajar Jawaban: B. Identifikasi peserta didik 13. manakah berikut ini yang tidak termasuk kepada prinsip pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik? a. membangun hubungan positif. b. guru memberikan teladan positif bagi peserta didik. c merencanakan pembelajaran dengan sangat teliti dan menaati rencana yang telah dibuat. d. memberikan penghargaan terhadap peserta didik yang berperilaku positif. jawaban: c. merencanakan pembelajaran dengan sangat teliti dan menaati rencana yang telah dibuat. |
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 2: Pembelajaran yang Berpusat Pada Peserta Didik. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 2: Pembelajaran yang Berpusat Pada Peserta Didik"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat