Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. Video ini mengajak Ibu dan Bapak Guru merefelksikan kekuatan dan kelemahan yang kita punyai, lalu bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan mendidik murid-murid kita.
Jawaban : Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar,
Jawaban : Menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
Jawaban : Mempermalukan di depan murid lain
1. | Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah: | |
A. | Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan | |
B. | Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelas | |
C. | Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan | |
D. | Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yang sudah dibuatkan oleh guru di sekolah | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
2. | Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara? | |
A. | Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan. | |
B. | Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun bantin, tidak tergantung dengan orang lain. | |
C. | Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka. | |
D. | Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri. | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
3. | Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki.... | |
A. | Perilakunya | |
B. | Dasar hidupnya | |
C. | Kekuatan kodratnya | |
D. | Potensinya | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
4. | Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ... | |
A. | Memahami peran diri menjadi pendidik | |
B. | Menambah kapasitas diri sebagai pendidik | |
C. | Membuat perencanaan kegiatan belajar | |
D. | Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
5. | Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid? | |
A. | Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter | |
B. | Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk terus belajar | |
C. | Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya | |
D. | Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka bersosialisasi | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
6. | Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti... | |
A. | Mendidik keluarga | |
B. | Mendidik masyarakat | |
C. | Mendidik teman belajar | |
D. | Mendidik guru | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
7. | Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native? | |
A. | Generasi yang tumbuh di era transisi digital | |
B. | Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digital | |
C. | Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital | |
D. | Generasi yang menemukan teknologi digital | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
8. | Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan? | |
A. | Kesenian | |
B. | Kebudayaan | |
C. | Adat istiadat | |
D. | Keterampilan | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
9. | Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru? | |
A. | Inovatif | |
B. | Efektif | |
C. | Adaptif | |
D. | Reflektif | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
10. | Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali.... | |
A. | Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya | |
B. | Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya | |
C. | Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya | |
D. | Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling, memahami, menghargai, dan membutuhkan. | |
Pembahasan : Jawaban : A |
Demikian pembahasan mengenai Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu.
MODUL
Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Pada modul ini, kita akan belajar dua hal:
- Merefleksikan diri dan peran sebagai pendidik
- Memproyeksikan diri menjadi guru seperti apa di masa depan
Daftar Materi:
- Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
- Apa Peran Saya Sebagai Guru
- Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Petrus Rafael dan Monika Irayati
Simon Rafael dan Monika Irayati berpengalaman di bidang pendidikan dan kepelatihan guru, salah satunya adalah Program Guru Penggerak
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat