Kreatif, Terampil dan Religius

sdn 3 marowo

Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SD

Salah satu pendekatan yang harus diimplementasikan oleh guru adalah persiapan pembelajaran berdiferensiasi yang kami susun di dalam kunci jawaban post test modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi, lengkap dengan kunci jawaban.

Kunci jawaban post test modul 2 dengan tema persiapan pembelajaran berdiferensiasi, topik 6 PMM (Platform Merdeka Mengajar) ini harus dikuasai oleh para guru.

Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran yang berdiferensiasi itu?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru memakai berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan modul 2 ini, para guru diharapkan dapat mengimplementasikan pendekatan berdiferensiasi dengan lebih baik di dalam kelas. Post test modul 2 akan membantu mengidentifikasi sejauh mana guru-guru telah memahami materi modul dan sejauh mana mereka siap menghadirkan pembelajaran berdiferensiasi yang lebih berkualitas.

Post test ini terdiri dari beberapa pertanyaan yang dirancang untuk mengukur pemahaman dan penerapan konsep-konsep pembelajaran berdiferensiasi.

Pertanyaan-pertanyaan itu mencakup aspek-aspek penting seperti mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengembangkan materi yang disesuaikan, strategi diferensiasi, dan evaluasi pembelajaran. Para pendidik diharapkan untuk menjawab dengan jujur dan berdasarkan pemahaman mereka setelah mengikuti modul 2.

Latihan Pemahaman:

A. Mengembangkan Kecakapan Berpikir
Bu Lasmi ingin melihat kecakapan berpikir murid-muridnya. Bagaimanakah strategi yang dapat dilakukan oleh Bu Lasmi?
Jawaban : Mengajak murid untuk menghubungkan pengetahuan yang sudah murid dapatkan dari buku dengan kehidupan sehari-harinya.

B. Strategi Literasi

Pilihlah satu strategi literasi di SD kelas awal yang benar!.
Jawaban : B. Melakukan kegiatan bercerita dan mendongeng untuk pengenalan kegiatan membaca.
Membuat pojok membaca di kelas yang berisi buku-buku dengan genre yang beragam tidak dapat membantu kemampuan literasi murid. Itu hanya membuat lingkungan kelas terasa sempit.
Jawaban : Salah
Jika satuan pendidikan tidak mempunyai banyak buku, bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong minat dan kegiatan membaca murid?.
Jawaban : Mencari sumber bacaan lain seperti brosur, koran, poster yang dapat ditemukan dilingkungan sekolah.

Soal Post test

1. Dalam menata lingkungan fisik kaya teks di sekolah, hanya ada dua tempat yang dapat dimanfaatkan guru, yaitu ruang kelas dan perpustakaan.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B

2. Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A

3. Mendongeng menggunakan boneka jari dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan guru untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis pada murid.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A

4. Dalam video, kita telah belajar mengenai kegiatan "Kotak Huruf" sebagai salah satu strategi penguatan literasi di tingkat SD.
Apa saja alat dan bahan yang perlu dipersiapkan guru sebelum memulai kegiatan "Kotak Huruf" tersebut?
1. Kotak huruf.
2. Buku cerita.
3. Alat perekam suara.
4. Kamera.
5. Alat tulis.
6. Contoh kain jarik.
7. Boneka.
A. 3, 4, dan 5.
B. 1, 2, dan 6
C. 2, 4, dan 6
D. 2, 6, dan 7
Jawaban : B

5. Kecakapan berpikir sangat diperlukan dalam keseharian kita. Tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Apa contoh pemanfaatan kecakapan berpikir oleh murid tingkat SD?
A. Mampu membaca 50 kata per menit.
B. Mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.
C. Mampu mengurutkan angka dari yang terkecil hingga terbesar.
D. Mampu membedakan informasi yang valid dengan yang hoaks.
Jawaban: A


Labels: jawaban post test

Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SD. Silahkan bagikan...!

0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SD"

Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat

Back To Top