Kreatif, Terampil dan Religius

sdn 3 marowo

Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi

Salah satu pendekatan yang harus diimplementasikan oleh guru adalah persiapan pembelajaran berdiferensiasi yang kami susun di dalam kunci jawaban post test modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi, lengkap dengan kunci jawaban.

Kunci jawaban post test modul 2 dengan tema persiapan pembelajaran berdiferensiasi, topik 6 PMM (Platform Merdeka Mengajar) ini harus dikuasai oleh para guru.

Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran yang berdiferensiasi itu?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru memakai berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan modul 2 ini, para guru diharapkan dapat mengimplementasikan pendekatan berdiferensiasi dengan lebih baik di dalam kelas. Post test modul 2 akan membantu mengidentifikasi sejauh mana guru-guru telah memahami materi modul dan sejauh mana mereka siap menghadirkan pembelajaran berdiferensiasi yang lebih berkualitas.

Post test ini terdiri dari beberapa pertanyaan yang dirancang untuk mengukur pemahaman dan penerapan konsep-konsep pembelajaran berdiferensiasi.

Pertanyaan-pertanyaan itu mencakup aspek-aspek penting seperti mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengembangkan materi yang disesuaikan, strategi diferensiasi, dan evaluasi pembelajaran. Para pendidik diharapkan untuk menjawab dengan jujur dan berdasarkan pemahaman mereka setelah mengikuti modul 2.

Latihan Pemahaman:

A. Memodifikasi Modul Ajar 1

Saat kita ingin memodifikasi modul ajar, pemetaan murid adalah hal yang penting untuk dilakukan sebagai bekal kita untuk memodifikasi modul ajar sesuai kebutuhan murid.
Jawaban : Benar
B. Memodifikasi Modul Ajar 2
Saat kita ingin memodifikasi modul ajar, pemetaan murid adalah hal yang penting untuk dilakukan sebagai bekal kita untuk memodifikasi modul ajar sesuai kebutuhan murid.
Jawaban : Benar
Pengelompokkan murid dapat didasarkan pada pilihan bebas guru, misalnya kedekatan orang tua murid, tingkat strata sosial, dan kedekatan murid.
Jawaban : Salah
C. Pelibatan Murid
Sebagai pendidik, kita dapat melibatkan murid dalam belajar. Murid dapat dilibatkan dalam proses pembelajarannya dari tahap perencanaan hingga tahap refleksi.
Pernyataan di atas adalah...
Jawaban : Benar
Pelepasan tanggung jawab bertahap adalah sebuah proses dimana tanggung jawab berpikir perlu secara bertahap bergeser dari guru hingga akhirnya peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri.
Pernyataan di atas adalah...
Jawaban : Benar

Soal Post test

1. Bagaimana perubahan peran guru dalam sebuah kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ?
A. Guru adalah sumber belajar utama dan murid mengikuti apa yang telah ditetapkan
B. Guru bukan sumber belajar utama sehingga murid bisa belajar dari siapa saja dan mana saja
C. Guru menjadi mediator antar murid agar terjadi transfer pengetahuan di kelas
D. Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh selama proses belajar
Jawaban : B

2. Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu adalah ...
A. Mengajak murid untuk menyepakati target dan tujuan belajar
B. Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar
C. A dan B adalah jawaban salah
D. A dan B adalah jawaban benar
Jawaban : A

3. Simak langkah langkah berikut :
1) Murid menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin dia ketahui
2) Murid melakukan refleksi atas kemampuannya
3) Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian murid
4) Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat adalah ...
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
D. 4-2-3-1
Jawaban : C

4. Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya.
Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan ?

Jawaban : C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap.
Bu Ester mengajak murid murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan guru.

Labels: jawaban post test

Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi. Silahkan bagikan...!

0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi"

Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat

Back To Top