Tujuan Pembelajaran dengan KKM antara lain : KKM atau kriteria ketuntasan minimal hanya berupa indikator berbentuk angka, tidak ada penjelasan atau deskripsi mengenai perbedaan angka indikator tersebut. Pada kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat deskripsi yang konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik sebagai bukti bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
Jawaban : Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
Jawaban : Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portofolio
Jawaban : Kriteris dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman murid
Jawaban : Memeriksa prasyarat kompetensi, menetapkan indikator tujuan pembelajaran, menyusun intreumen sesuai dengan kompetensi dan bentuk asesmen
Jawaban : Capaian pembelajaran
1. | Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran? | |
A. | KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar | |
B. | KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik | |
C. | KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru | |
D. | KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
2. | Fungsi kolom “Kesimpulan” baik pada rubrik, deskripsi kriteria, dan skala interval nilai berfungsi untuk … | |
A. | Menentukan predikat ‘lulus’ atau ‘tidak lulus’ bagi peserta didik | |
B. | Memberikan informasi bahwa peserta didik sudah mengumpulkan tugasnya | |
C. | Menentukan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik | |
D. | Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus menunjukkan bentuk intervensi yang perlu dilakukan oleh pendidik | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
3. | Keempat pernyataan di bawah ini menjelaskan tentang hubungan antara kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan asesmen. Manakah pernyataan yang kurang tepat mengenai hubungan keduanya? | |
A. | Asesmen dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan dua komponen yang saling terpisah dan tidak berkaitan | |
B. | Asesmen yang disusun harus selaras dari kriteria ketercapaian tiap tujuan pembelajaran | |
C. | Saat pendidik merancang asesmen, maka mereka perlu menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajarannya pula | |
D. | Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi acuan dalam perumusan deskripsi kriteria pada instrumen asesmen | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
4. | Pendekatan yang dapat memberikan deskripsi dan tahapan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan sangat komprehensif ialah pendekatan... | |
A. | Deskripsi kriteria | |
B. | Rubrik | |
C. | Interval nilai | |
D. | Bloom | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
5. | Ibu Sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera "peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah…. | |
A. | Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut | |
B. | Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik | |
C. | Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik | |
D. | Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
6. | Dari hasil asesmen olahraga kasti yang dilakukan, Pak Arto mendapati bahwa mayoritas murid kelas 5 mendapat poin di bawah 75. Bagi Pak Arto, data ini … | |
A. | Merupakan nilai akhir saja | |
B. | Adalah cerminan bahwa murid kelas 5 tidak tangkas | |
C. | Menjadi informasi bahwa kasti adalah olahraga yang sulit | |
D. | Menjadi dasar untuk memperbaiki perencanaan dan rancangan kegiatan olahraga kasti berikutnya | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
7. | Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan… | |
A. | Performa belajar peserta didik | |
B. | Indikator belajar peserta didik | |
C. | Media belajar peserta didik | |
D. | Model belajar peserta didik | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
8. | Bu Ida sedang mengajarkan materi Bahasa Indonesia pada fase B. Saat membuat deskripsi kriteria, Bu Ida mengambil tujuan pembelajaran sebagai berikut “Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara”. Indikator tujuan pembelajaran yang tepat adalah…. | |
A. | Peserta didik mampu menghubungkan kausalitas disertai dengan argumen yang logis berdasarkan wawancara | |
B. | Peserta didik mampu membacakan laporan berdasarkan urutan waktu kejadian | |
C. | Peserta didik mampu melibatkan narasumber dalam pengamatan | |
D. | Peserta didik mampu menuliskan kejadian dari sumber referensi yang mendukung dalam laporan | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
9. | Interval nilai olahraga kasti:
| |
A. | Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan | |
B. | Mengulang asesmen untuk seluruh kelas | |
C. | Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner) | |
D. | Tidak perlu ada pengulangan apapun | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
10. | Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, yaitu… | |
A. | Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas | |
B. | Merancang proses pembelajaran berikutnya | |
C. | Bahan akreditasi sekolah | |
D. | Mengevaluasi proses pembelajaran | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
11. | Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan rubrik? | |
A. | Pada pendekatan rubrik penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif, dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria | |
B. | Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sementara pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya | |
C. | Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sementara pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek sampai menengah | |
D. | Pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria hanya terdapat 2 tahap | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
12. | Setiap tahapan pada pendekatan rubrik, selalu memuat deskripsi berdasarkan… | |
A. | Performa belajar peserta didik | |
B. | Indikator belajar peserta didik | |
C. | Media belajar peserta didik | |
D. | Model belajar peserta didik | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
13. | Dalam setiap tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada ... | |
A. | Model belajar dari murid | |
B. | Indikator belajar pada murid | |
C. | Performa belajar dari murid | |
D. | Media belajar pada murid | |
Pembahasan : Jawaban : B |
14. | Pada pendekatan jenis ini, pendidik menetapkan serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apapun yang hendak dinilai. Apa pendekatan yang dimaksud? | |
A. | Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai | |
B. | Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria | |
C. | Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio | |
D. | Pendekatan menggunakan rubrik | |
Pembahasan : Jawaban : B |
15. Manakah pernyataan tidak benar tentang fungsi atau tujuan kriteria ketercapaian dalam tujuan pembelajaran?
A. Untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran
B. Untuk menganalisis jenjang penguasaan kompetensi peserta didik
C. Untuk membantu pendidik atau guru memperbaiki proses pembelajaran
D. Untuk menentukan nilai rendah yang umumnya dicapai peserta didik
Pembahasan :
Jawaban : D
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat