Paket instrument assessment numerasi kelas awal ini terdiri dari 3 bagian yaitu petunjuk pelaksanaan assessment, lembar penilaian siswa, dan sebuah buklet siswa yang berisi 10 soal atau tugas. Soal atau tugas ini di design untuk memetakan tingkat penguasal siswa terhadap konsep-konsep numerasi dasar bilangan penjumlahan serta pengurangan nilai tempat dan soal cerita.
- Satu, susun jadwal dan cari lokasi yang tenang dan nyaman untuk pelaksanan assessment. Tidak perlu melakukan assessment terhadap semua siswa dalam sehari. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam beberapa hari hingga semua siswa selesai diasesmen.
- Dua, siapkan instrument beserta alat-alat bantu yang akan dibutuhkan. Alat bantu yang dibutuhkan terdiri atas pinsil dan kertas.
- Serta alat-alat bantu hitung bisa berupa tutup botol air mineral gunakan lidi, batu-batu krikil dan lain sebagainya sesuai dengan konteks masing-masing.
- Tiga, bangun dan jaga suasana nyaman bagi siswa. Posisi duduk guru dan siswa bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah. Berdampingan atau membentuk huruf L dan tetap menjaga protokol ke sehatan di masa pandemi.
- Tugas satu bertujuan untuk mengatahui apakah siswa dapat menghitung benda sampai dengan 10 dengan tepat.
- Tugas kedua ini ingin mengatahui bilangan berapa saja yang sudah di kenal oleh siswa.
- Tugas tiga menilai kemampuan siswa membandingkan mana yang lebih besar dari dua bilangan. Minta siswa untuk menunjukkan atau menyebutkan belangan yang lebih besar.
- Tugas sempat menilai kemampuan siswa dalam menhapall bilangan.
- Tugas 5 dan 6 menilai kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan di bawah 20.
- Tuga 7 di bagi menjadi dua bagian. Bagian A dan B. Bagian A menilai kemampuan siswa mengenali satuan, puluhan dan ratusan dalam sebuah bilangan. Tugas 7 di bagian B. Menilai kemampuan siswa mengenali satuan, puluhan, melalui gambar atau secara visual. Tunjuklah gambar rangkaian bingkai 10 dalam soal dan tanyakan kepada siswa berapa banyak puluhan dan satuan pada masing-masing rangkaian gambar tersebut. Untuk tugas ini, jika siswa tidak mengenal bingkai 10, bisa diganti dengan bundelan lidi atau benda-benda lain yang bisa menggambarkan puluhan.
- Tugas 8 menilai kemampuan siswa memahami soal cerita yang membutuhkan mereka dan menerapkan konsep penjumlahan dan pengurangan. Bacakan satu per satu tiap soal cerita kepada siswa. Jika di minta, soal dapat dibacakan sekali lagi. Jika menginginkan, siswa juga dapat membaca sendiri soal ceritanya. Siswa juga dapat menggunakan alat bantu yang tersedia, jika diinginkan. Amati dengan seksama untuk melihatcara siswa mencoba mencari solusinya
- Tugas 9 dan 10 menilai kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan hasil belangan lebih dari 20.
Jawaban : Boleh
Jawaban : Memberikan umpan balik dan fasilitasi
1. | Berikut ini merupakan hal penting terkait asesmen formatif dan summatif adalah …. | |
A. | Asesmen formatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen sumatif | |
B. | Asesmen sumatif lebih utama dilakukan dibandingkan asesmen formatif | |
C. | Asesmen sumatif berfokus pada pengambilan nilai berupa tes untuk keperluan laporan hasil belajar | |
D. | Asesmen formatif mengutamakan umpan balik | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
2. | Apa manfaat menyediakan alat atau peraga kepada siswa saat mengerjakan soal asesmen awal pembelajaran? | |
A. | Mempercantik kegiatan asesmen | |
B. | Mengetahui strategi menjawab siswa | |
C. | Memamerkan alat yang dimiliki guru | |
D. | Membuat bingung siswa karena harus memilih alat | |
Pembahasan : Jawaban : B |
MODUL
Asesmen Awal Pembelajaran EGMA, Formatif, dan Sumatif dalam Numerasi
Modul ini memberikan pemodelan langkah-langkah dalam melakukan asesmen awal pembelajaran numerasi adaptasi EGMA, asesmen formatif, dan asesmen sumatif dalam pembelajaran numerasi di kelas awal yang relevan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Daftar Materi:
- Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi (Adaptasi EGMA/Early Grade Mathematics Assessment)
- Asesmen Formatif dan Sumatif Pembelajaran Numerasi dalam Kurikulum Merdeka
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Inovasi
Wahid Yunianto, MA
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 2 Asesmen Awal Pembelajaran EGMA, Formatif, dan Sumatif dalam Numerasi. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 2 Asesmen Awal Pembelajaran EGMA, Formatif, dan Sumatif dalam Numerasi"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat