Capaian Pembelajaran perlu diuraikan menjadi rencana pembelajaran yang lebih operasional dan konkret. Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran dapat digambarkan menjadi 4 tahap yaitu: Memahami Capaian Pembelajaran, Merumuskan Tujuan Pembelajaran, Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, dan Merancang pembelajaran
- Kompetensi, yaitu kemampuan atau keterampilan yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan oleh peserta didik.
- Lingkup materi, yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.
- Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian (goals, bukan objectives);
- Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan;
- Alur tujuan pembelajaran perlu dikembangkan secara kolaboratif, (apabila guru mengembangkan, maka perlu kolaborasi guru lintas kelas/tingkatan dalam satu fase.
- Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran.
- Penyusunan alur tujuan pembelajaran tidak perlu lintas fase (kecuali pendidikan khusus);
- Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran, pendekatan pembelajaran yang digunakan (misal: matematik realistik);
- Tampilan tujuan pembelajaran diawali dengan alur tujuan pembelajarannya terlebih dahulu, baru proses berpikirnya sebagai lampiran agar lebih sederhana dan langsung ke intinya untuk guru;
- Karena alur tujuan pembelajaran yang disediakan Kemendikbudristek merupakan contoh, maka alur tujuan pembelajaran dapat bernomor/huruf.
- Alur tujuan pembelajaran menjelaskan SATU alur tujuan pembelajaran, tidak bercabang (tidak meminta guru untuk memilih).
- Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP, bukan profil pelajar Pancasila dan tidak perlu dilengkapi dengan pendekatan/strategi pembelajaran (pedagogi).
Jawab : Visi tidak harus selalu ideal
Jawab : Perwakilan seluruh warga sekolah
Jawab : Rasional, Tujuan, Karakteristik, dan Capaian Pembelajaran
Jawab : Indikator mata pelajaran
Jawab : Capaian Pembelajaran
Jawab : Lingkup Materi dan Kompetensi
Jawab : Semua benar
Jawab : Benar
1. | Ada langkah- langkah buat penataan visi serta misi sekolah selaku berikut ini:
| |
A. | 1, 2, 3, 4, 5 | |
B. | 1, 2, 3, 5, 4 | |
C. | 2, 1, 3, 5, 4 | |
D. | 1, 3, 2, 4, 5 | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
2. | Perhatikan soal berikut ini, budaya sekolah merupakan pola asumsi- asumsi bawah, kepercayaan, nilai, norma yang dipegang bersama- sama oleh seluruh masyarakat sekolah. | |
A. | Benar | |
B. | Salah. | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
3. | Berikut ada statement, yang pas tentang capaian pendidikan: | |
A. | Dimulai pada tingkatan PAUD buat fase A. | |
B. | Dengan dipecah bersumber pada fase cocok kompetensi yang wajib dicapai.. | |
C. | Dengan menjabarkan kompetensi yang dicapai pada akhir kelas. | |
D. | Konsentrasi terhadap kompetensi pengetahuan yang dicapai oleh murid. | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
4. | Berikut terdapat persoalan, data apa yang diperoleh dari menguasai rasional pada naskah capaian pendidikan? | |
A. | Fokus utama, kompetensi, profil pelajar pancasila. | |
B. | Definisi, guna, ciri mata pelajaran. | |
C. | Definisi, guna, ruang lingkup mata | |
D. | Ruang lingkup, ciri, profil pelajar pancasila. | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
5. | Perhatikan statement berikut ini, buat tingkat yang paling tinggi dari tingkat taksonomi marzano: | |
A. | Sistem diri | |
B. | Pemahaman | |
C. | Analisis | |
D. | Metakognisi | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
6. | Perhatikan soal berikut ini, buat langkah pendatang baru yang wajib dikerjakan pada dikala menulis tujuan pendidikan alternatif kedua : | |
A. | Dengan mengenali kata kunci pada CP. | |
B. | Dengan merumuskan tujuan pendidikan. | |
C. | Dengan memetakan alur tujuan pendidikan. | |
D. | Dengan mengelompokkan hasil dari identifikasi cocok pada kompetensi dan ruang lingkup materinya. | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
7. | Berikut ini ada soal, pada tata cara pengurutan buat tingkatkan standar performa pula kurangi dorongan secara bertahap merupakan uraian tata cara dalam penataan ATP: | |
A. | Terdapatnya pengurutan deduktif | |
B. | Terdapatnya pengurutan prosedural | |
C. | Terdapatnya scaffolding | |
D. | Terdapatnya pengurutan hierarki | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
8. | Pak Budi merupakan seorang guru mata pelajaran IPS serta lagi mengajar TPS pada fase D. Pak Budi serta guru IPS pada dikala menyusun ATP dari kelas 7- 9 lagi mengendalikan tujuan pendidikan yang lebih lingkungan diajarkan pada kelas 8 beserta 9. Buat pendidikan yang lebih gampang diperuntukan pada kelas 7. Perihal tersebut biar terdapat ruang untuk guru kelas 7, dalam rangka buat bisa membimbing siswa- siswi yang masih membiasakan dari fase C ke D. Setelah itu tata cara pengurutan yang dikerjakan pak Joko beserta timnya yaitu ... | |
A. | Dengan pengurutan deduktif | |
B. | Dengan pengurutan dari yang konkrit ke abstrak. | |
C. | Dengan pengurutan dari yang muda ke lebih susah. | |
D. | Dengan scaffolding | |
Pembahasan : Jawaban : C |
MODUL
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)
Modul ini menjadi pelengkap dan menambah variasi contoh dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen dan Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Anda tetap dianjurkan untuk membaca kedua panduan tersebut agar memahami modul lebih menyeluruh.
Daftar Materi:
- Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan
- Memahami Capaian Pembelajaran
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati
Tim Ahli dan Pelatih Guru
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat