Jawaban : Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid
jawaban : Kodrat alam dan kemerdekaan murid
Jawaban : Projek
Jawaban : Gotong royong dan bekerja sama
Jawaban: Sekolah menyediakan sumber belajar yang ada di sekitarnya(orang tua dan komunitas)
2. Post Test
1. | Dalam menilai pemahaman murid, pendidik sebaiknya... | |
A. | Menggunakan alat pengukuran lalu menyimpulkannya. | |
B. | Menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya. | |
C. | Menggunakan alat pengukuran yang dibuat oleh murid. | |
D. | Menggunakan alat mengukuran yang objektif dan dapat diukur dengan jelas. | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
2. | Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini, kecuali? | |
A. | Setiap murid memiliki kodrat | |
B. | Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan. | |
C. | Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia. | |
D. | Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid. | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
3. | Ing ngarso sung tulodo yang menjadi salah satu bagian dari “Sistem Among”, artinya.... | |
A. | Di depan memberi teladan. | |
B. | Di tengah membangun kehendak. | |
C. | Di depan membangun kehendak. | |
D. | Di samping menjadi teman. | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
4. | Pada abad ke-21, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kognitif yang kompleks, dan kemampuan sosial emosional menjadi sangat penting bagi murid maupun guru. Guru diharapkan menjadi contoh bagaimana bisa mengembangkan kemampuan tersebut pada dirinya untuk meneruskannya dalam membantu murid untuk menguasainya. Salah satu kompetensi mendasar yang menunjang penguasaan kemampuan tersebut adalah... | |
A. | Kompetensi pedagogi | |
B. | Kompetensi pengetahuan | |
C. | Kompetensi sosial | |
D. | Kompetensi literasi | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
5. | Sesuai pesan Ki Hadjar Dewantara untuk menuntun murid sesuai jamannya, maka guru perlu menumbuhkan pola pikir pembelajar ataun growth mindset yang membuat murid... | |
A. | Memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang | |
B. | Mau mendalami hal-hal yang disukai saja | |
C. | Memiliki keterbukaan untuk berkomunikasi dengan guru-guru yang diinginkan saja. | |
D. | Mengedepankan kebenaran pendapat pribadi. | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
6. | Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat... | |
A. | Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar. | |
B. | Melihat ke segala arah. | |
C. | Menjadi pusat perhatian. | |
D. | Memperoleh instruksi langsung dari banyak mata pelajaran. | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
7. | Dalam perkembangan diri seorang anak, yang berkewajiban untuk menjadi teladan sebagai lingkungan terdekatnya adalah... | |
A. | Teman di sekolah. | |
B. | Orang tua atau keluarga. | |
C. | Masyarakat | |
D. | Guru | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
8. | Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara, kecuali ... | |
A. | Keluarga | |
B. | Diri sendiri | |
C. | Pergerakan pemuda | |
D. | Perguruan | |
Pembahasan : Jawaban : D |
A. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.
B. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.
C. Guru dapat berperan menciptakan tujuan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.
D. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
Pembahasan :
Jawaban : B
MODUL
Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Pendidikan merupakan sistem yang kompleks, sekaligus sederhana. Pada modul ini Ibu dan Bapak Guru sama-sama akan belajar bagaimana menerapkan prinsip dan praktik pembelajaran yang mandiri dan kontekstual berdasarkan pengalaman dan pengamatan di sekitar, serta bagaimana orang tua dan masyarakat bisa terlibat dalam prosesnya. Modul ini juga akan memfasilitasi Ibu dan Bapak Guru untuk merefleksikan kembali bagaimana praktik pembelajaran di kelas saat ini, bagaimana pengalaman di kelas saat Ibu dan Bapak Guru menjadi murid seusia murid Anda, serta bagaimana apa yang terjadi di kelas memiliki dampak di masa depan.
Daftar Materi:
- Mengantarkan Murid Selamat dan Bahagia
- Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik Murid
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Petrus Rafael dan Monika Irayati
Simon Rafael dan Monika Irayati berpengalaman di bidang pendidikan dan kepelatihan guru, salah satunya adalah Program Guru Penggerak
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat