Jawaban : Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah
Jawaban : Teori Tabularasa dan teori negatif
2. Post Test
1. | Perhatikan pernyataan berikut ini, bagian yang berhubungan dengan rasa cemas, senang, takut, percaya diri juga perasaan lainnya adalah yang berperan menentukan karakter seseorang. | |
A. | Pada bagian keterampilan | |
B. | Pada bagian biologis | |
C. | Pada bagian jasmani | |
D. | Pada bagian intelligible | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
2. | Pada teori yang memiliki anggapan bahwa kodrat anak bagaikan kertas yang bisa diisi serta ditulis oleh pendidik atau guru dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan guru atau pendidik adalah teori... | |
A. | Negatif | |
B. | Komplementer | |
C. | Hereditas | |
D. | Tabularasa | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
3. | Untuk teori konvergensi didasarkan pada 2 teori utama, adalah ... | |
A. | Teori hereditas, teori behaviorisme | |
B. | Teori negatif dan teori positif | |
C. | Teori tabularasa, teori negatif | |
D. | Teori afektif, teori tabularasa | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
4. | Perhatikan pertanyaan di bawah ini, apakah yang bisa dilakukan oleh guru terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat dari anak didik? | |
A. | Bisa membantu anak didik untuk mendapatkan budi pekertinya. | |
B. | Bisa mengendalikan budi pekerti anak didik. | |
C. | Bisa mendapatkan budi pekerti yang ada pada diri sendiri. | |
D. | Bisa mengembangkan budi pekerti yang ada pada diri sendiri | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
5. | Ki Hadjar Dewantara berpendapat tentang budi pekerti yaitu kemampuan kodrat manusia yang berkaitan dengan bagian biologis serta memiliki peran menentukan karakter pada diri seseorang. Berikut di bawah ini adalah yang dimaksud, kecuali | |
A. | Cemas | |
B. | Percaya diri | |
C. | Rasa takut | |
D. | Pengetahuan | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
6. | Pengertian budi pekerti adalah perpaduan dari kualitas yang ada di bawah ini, kecuali... | |
A. | Jiwa | |
B. | Rasa | |
C. | Cipta | |
D. | Karsa | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
7. | Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti? | |
A. | Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga. | |
B. | Nilai nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran, atau kemauan, serta tidanakn untuk melakukan nilai nilai tersebut | |
C. | Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelimpok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari hari masyarakat tersebut | |
D. | Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
8. | Dalam proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti anak didik sampai mampu | |
A. | Menebalkan watak-watak yang tidak baik pada anak didik | |
B. | Bisa menebalkan tabiat asli serta watak biologis. | |
C. | Menyamarkan tabiat asli serta watak biologis | |
D. | Bisa menyamarkan watak-watak baik pada diri anak didik | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
9. | Pada keterampilan pikiran serta kemampuan menyerap pengetahuan merupakan bagian dari intelligible yang bisa berubah apabila ... | |
A. | Adanya kemauan | |
B. | Dipengaruhi oleh keadaan juga lingkungan | |
C. | Dibiarkan tidak ada intervensi | |
D. | Mempunyai bakat | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
10. | Seseorang yang mempunyai rasa empati, sikap rendah hati adalah bagian dari kecakapan | |
A. | Budi pekerti | |
B. | Kognitif | |
C. | Psikomotorik | |
D. | Afektif | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
11. | Perhatikan pernyataan berikut ini, tempat yang utama serta paling baik untuk dapat melatih karakter anak didik yaitu ... | |
A. | Sahabat | |
B. | Keluarga | |
C. | Taman Kanak-Kanak | |
D. | Sekolah | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
12. | Bapak Ki Hadjar Dewantara berpendapat tentang budi pekerti dapat dibagi menjadi 2 bagian, adalah... | |
A. | Biologis, intelligible | |
B. | Tabularasa, biologis | |
C. | Intelligible, fisiologis | |
D. | Biologis, fisiologis | |
Pembahasan : Jawaban : A |
MODUL
Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
"Jangan menyeragamkan hal-hal yang tidak perlu atau tidak bisa diseragamkan. Perbedaan bakat dan keadaan hidup anak di masyarakat yang satu dengan yang lain harus menjadi perhatian dan diakomodasi" Ki Hadjar Dewantara
Pada modul ini kita akan mencoba lebih memahami murid sebagai individu yang utuh dengan segala latar belakang serta upaya apa yang bisa Ibu dan Bapak Guru bisa bantu dalam proses belajar mereka.
Daftar Materi:
- Menumbuhkan Budi Pekerti
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Petrus Rafael dan Monika Irayati
Pelatih Guru
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat