Berikut post test untuk Guru SD dengan topik Bimbingan dan Konseling serta Layanan Dasar
1. Apabila di satuan pendidikan tidak memiliki guru yang berlatar belakang pendidikan BK, apa yang seharusnya dilakukan oleh sekolah?
o Tugas dan peran BK dapat diampu oleh wali kelas atau pendidik lain yang ditugaskan oleh pimpinan satuan pendidikan
2. Dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi peserta didik, terdapat strategi besar implementasi layanan BK, yaitu…
o Strategi implementasi di satuan pendidikan, pemberdayaan keluarga, dan strategi kerja sama dengan mitra
3. Siapa yang bertanggungjawab dan berperan dalam layanan BK kepada peserta didik?
o Semua warga satuan pendidikan
4. Dengan layanan BK, peserta didik diharapkan mampu …
o Memahami dan menerima diri serta lingkungannya
5. Untuk mendukung pengembangan akademik dan karir masa depan peserta didik secara optimal, guru BK dapat bekerja sama dengan bidang akademik di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan peran guru BK sebagai…
o Koordinator
6. Contoh miskonsepsi layanan BK di satuan pendidikan yaitu…
o Layanan BK hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang bermasalah
7. Di bawah ini yang merupakan prinsip dasar dari layanan BK yang adalah …
o Inklusivitas dan capaian perkembangan optimal
8. Berikut ini yang bukan etika kerja dalam memberikan layanan BK adalah …
o Kekeluargaan
9. Peran guru BK sebagai pengelola program dapat ditunjukkan dengan…
o Merencanakan dan mengelola layanan bersama wali kelas sehingga wali kelas dapat melakukan layanan di kelas masing-masing
10. Ibu Asti adalah seorang guru BK di SMP Bahagia. Peran Ibu Asti sebagai pembimbing adalah…
o Membantu Rina yang sedang ingin mengenali minat dan potensi yang dimilikinya
11. Bu Siska merupakan wali kelas 7 SMP cita karya. Di SMP Cita Karya belum memiliki guru BK. Apa yang sebaiknya dilakukan Ibu Siska?
o Ibu Siska merasa perlu mengetahui dan memahami layanan BK, sehingga ia belajar tentang layanan BK
12. Layanan BK di satuan pendidikan memiliki peran yang besar dalam menghapus tiga dosa besar pendidikan, yaitu...
o Perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi
13. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat tersampaikan adalah...
o Mengintegrasikan topik dalam projek profil
14. Aspek apa yang menjadi fokus saat melakukan pengamatan dan observasi?
o Perilaku dan interaksi sosial
15. Perencanaan kegiatan layanan dasar dilakukan dengan menentukan kegiatan dalam bentuk...
o Program tahunan, program per kuartal, per bulan atau per minggu
16. Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan peserta didik di sekolah, Pak Iman menemukan bahwa peserta didik membutuhkan penguatan tentang toleransi dalam beragama. Pak Iman memutuskan untuk mengintegrasikan layanan dasar dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tema yang dapat diambil oleh Pak Iman adalah…
o Bhinneka Tunggal Ika
17. Apa yang harus dilakukan pendidik jika melihat murid memerlukan perhatian khusus setelah melakukan kegiatan layanan dasar?
o Mengajak murid berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan
18. Hal-hal dasar yang perlu kita perhatikan dalam merancang dan merencanakan kegiatan pemetaan kebutuhan peserta didik adalah…
o Dapat menilai pemahaman peserta didik di akhir kegiatan
19. Apa yang dapat pendidik lakukan agar proses pemetaan kebutuhan berdasarkan pemahaman dasar peserta didik berjalan efektif?
o Meminta bantuan pendidik lain yang bersedia untuk memimpin salah satu kelompok FGD
20. Mengapa pendidik perlu memberikan pertanyaan terbuka selama kegiatan layanan dasar berlangsung?
o Untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai materi yang sedang disampaikan
21. Dalam melakukan kegiatan layanan dasar, dampak hubungan antar orang tua terhadap peserta didik adalah…
o Memberi contoh bagaimana hubungan yang sehat antar sesama
22. Bu Jocelyn melihat maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Sebagai wali kelas pada jenjang SD Fase A, topik kegiatan layanan dasar yang paling tepat untuk diusulkan adalah…
o Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) sesuai dengan tahap perkembangan anak
23. Mengapa materi layanan dasar yang disampaikan perlu mempertimbangkan tahap perkembangan anak?
o Agar murid memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya
24. Salah satu cara yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan layanan dasar adalah…
o Guru-guru yang terlibat dapat berkumpul dan berdiskusi mengenai hasil refleksi layanan dasar
25. Instrumen atau cara yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan refleksi adalah...
o Semua di atas benar
26. Pendekatan yang tepat dalam melakukan kegiatan layanan dasar untuk peserta didik di usia remaja adalah...
o Kerja kelompok
27. Penentuan waktu pelaksanaan kelas pembekalan untuk peserta didik yang kurang tepat adalah berdasarkan…
o Hari besar yang berhubungan dengan topik
28. Berikut ini, bentuk tindak lanjut yang kurang tepat terhadap hasil evaluasi dan refleksi layanan dasar dengan isu pencegahan kekerasan seksual adalah…
o Merencanakan layanan peminatan dan perencanaan individual
29. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik mengenai isu kekerasan seksual dapat tersampaikan adalah dengan mengintegrasikannya dalam projek profil. Tema yang tepat untuk diintegrasikan adalah...
o Bangunlah Jiwa dan Raga
30. Berikut ini, praktik refleksi yang kurang tepat setelah melakukan layanan dasar adalah…
o Meminta peserta didik untuk membuat esai sebanyak dua halaman mengenai hal yang telah ia pelajari dari kegiatan layanan dasar
31. Bagaimana cara kita memetakan kebutuhan peserta didik?
o Menentukan aspek apa yang kita ingin ketahui dan metode pencarian informasi
32. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan dasar adalah...
o Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program
33. Mengapa kelas dan seminar orang tua mengenai isu kekerasan seksual perlu menjadi bagian dalam layanan dasar?
o Semua di atas benar
34. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan kelas orang tua adalah...
o Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing
35. Apa yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi dari orang tua dan peserta didik?
o Memberikan kuesioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan
36. Untuk mendapatkan data dan informasi dari banyak peserta didik dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu, metode apa yang sebaiknya kita gunakan?
o Kuesioner
37. Susunan alur kerja yang tepat dalam layanan dasar ialah…
o Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, dan mengevaluasi kegiatan
38. Mengapa kita perlu mencatat proses dan hasil evaluasi dan refleksi?
o Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun ajaran berikutnya
39. Apa yang perlu jadi perhatian utama dalam memetakan kebutuhan peserta didik terhadap isu kekerasan seksual di Sekolah Dasar?
o Pengetahuan dasar mengenai diri mereka sendiri
Labels:
jawaban post test,
Kurikulum Merdeka,
Merdeka Belajar
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Layanan Bimbingan dan Konseling. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Layanan Bimbingan dan Konseling"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat