Kegiatan refleksi perlu menjadi bagian dari pembelajaran sehari-hari. Melalui refleksi, murid dapat mengevaluasi dan memberikan umpan balik terhadap kemajuan belajarnya sendiri. Materi ini juga perlu dipelajari guru jenjang lain untuk memfasilitasi murid yang kemampuan refleksinya masih di tingkat dasar.
Jawaban : Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya.
Jawaban : Salah
Jawaban : Memberikan pertanyaan seputar rutinitas murid2. Post Test
1. | Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pem belajaran, tetapi salah satu muridnya Bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah. . . | |
A. | Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra | |
B. | Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi | |
C. | Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu | |
D. | Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
2. | Pak Ahmad adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang. Ketika menjelang akhir pem belajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi? | |
A. | Meminta peserta didik mencatat pertanyaan - pertanyaan panduan refleksi dan menyelesaikannya di rumah. | |
B. | Meminta peserta didik untuk masuk sesi refleksi tanpa mengkondisikan suasana kelas yang panas dan riuh. | |
C. | Mengkondisikan peserta didik untuk mulai duduk tenang dan mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi. | |
D. | Mengajak peserta didik untuk hadir lebih awal ke sekolah besok pagi untuk sesi refleksi bersama di kelas. | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
3. | Perhatikan pertanyaan berikut ini :
| |
A. | 1 dan 2 | |
B. | 3 dan 4 | |
C. | 5 dan 6 | |
D. | 1 dan 3 | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
4. | Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:
| |
A. | 1 dan 2 | |
B. | 3 dan 5 | |
C. | 2 dan 4 | |
D. | 2 dan 5 | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
5. | Berikut ini yang TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan Refleksi adalah . . . | |
A. | Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik | |
B. | Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi | |
C. | Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya | |
D. | Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
6. | Bu Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pem belajaran, beliau mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . . | |
A. | Menunjuk kedua peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi | |
B. | Mengajak peserta didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain | |
C. | Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi | |
D. | Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing – masing | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
7. | Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . | |
A. | Kapan kamu akan pulang? | |
B. | Bagian mana yang menyenangkan dari pem belajaran ini? | |
C. | Apa saja hasil karyamu dalam pem belajaran ini? | |
D. | Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini? | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
8. | Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik, refleksi pem belajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan. Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pem belajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik? | |
A. | Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia. | |
B. | Menunjuk beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya. | |
C. | Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan. | |
D. | Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
9. | Bu Susan seorang guru SMP. Pada setiap akhir pem belajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pem belajaran yang dilakukan. Namun para peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi? | |
A. | Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi berdasarkan pertanyaan panduan | |
B. | Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara bergantian | |
C. | Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman | |
D. | Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi di kertas plano | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
10. | Di bawah ini yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . | |
A. | Setelah dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan kemana? | |
B. | Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pem belajaran ini? | |
C. | Siapa saja teman yang terlibat dalam proyek ini? | |
D. | Proyek apa yang sedang kamu kerjakan saat ini? | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
11. | Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah... | |
A. | Fase murid | |
B. | Usia murid | |
C. | Pemahaman murid | |
D. | Pemahaman guru | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
12. | Berikut ini yang perlu menjadi perhatian pendidik ketika menyusun pertanyaan Refleksi adalah . . . | |
A. | Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik | |
B. | Peserta didik diajak untuk berefleksi di tengah lapangan | |
C. | Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya | |
D. | Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan keinginan pendidik | |
Pembahasan : Jawaban : C |
MODUL
Refleksi dalam Pembelajaran SD
Kegiatan refleksi merupakan bagian dari proses pembelajaran. Proses refleksi membantu murid mengenal dirinya, melihat hal yang baik dari dirinya, dan juga melihat hal yang bisa ditingkatkan dari proses belajarnya. Kemampuan ini menjadi modal bagi murid untuk menjadi pribadi mandiri.
Modul ini membahas 3 hal yang perlu diperhatikan saat memasukan refleksi dalam kegiatan pembelajaran:
- Bagaimana membuat pertanyaan refleksi yang sesuai untuk murid?
- Kapan refleksi dilakukan?
- Bagaimana guru memfasilitasi muridnya berefleksi?
Daftar Materi:
- Refleksi dalam Pembelajaran
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Lestia Primayanti, S.Psi
Pelatih Guru dan Kepala Sekolah Dasar
Terima kasih telah membaca Jawaban Post test Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post test Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat