Kreatif, Terampil dan Religius

sdn 3 marowo

Jawaban Post Test Modul 5 Aktivitas Numerasi yang Menyenangkan dan Inspiratif


Numerasi seringkali disamakan dengan pelajaran matematika. Padahal, ketrampilan numerasi bisa diterapkan di semua mata pelajaran. Ternyata dalam satu kegiatan menanam tanaman tidak hanya kemampuan tentang pengetahuan alam saja yang diasah. Namun juga, keterampilan numerasinya. Yaitu kompetensi mengetahui, menerapkan dan menalar.

Pemuatan ketrampilan numerasi juga tidak perlu ibu dan bapak titikberatkan pada setiap kegiatan yang akan dilakukan. Pilihlah kegiatan yang dirasa paling relevan, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan terserta ddiknya.


1. Latihan Pemahaman
A. Aktivitas Numerasi 1
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Numerasi adalah.....
Jawaban : Numerasi adalah kemampuan murid dalam menerapkan instrumen matematika dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan numerasi harus dilakukan secara individu.
Pernyataan di atas adalah....
Jawaban : Salah
B. Aktivitas Numerasi 2
Manakah yang bukan termasuk dari salah satu keterampilan berpikir yang menunjang kemampuan numerasi?
Jawaban : mencontoh
Kemampuan numerasi yang baik hanya membutuhkan keterampilan menghitung yang baik juga.
Pernyataan di atas … 
Jawaban : Salah
2. Cerita Reflektif
A. Aktivitas Numerasi 1
Setelah mempelajari materi ini, satu hal yang sakan lakukan untuk menguatkan numerasi pada mata pelajaran yang saya ampu adalah..
Mencoba membuat sebuah projek desain rumah minimalis yang mempertimbangkan aspek luas dan biaya
B. Aktivitas Numerasi 2
Lengkapilah kalimat di bawah ini! "Saya tidak menyukai jika numerasi itu diajarkan dengan metode....."
Saya tidak menyukai jika numerasi itu diajarkan dengan metode yang monoton.
3. Post test
1.Penguatan numerasi dapat dilakukan pada mata pelajaran?
A.IPA dan Matematika saja
B.Matematika saja
C.IPA dan IPS saja
D.Semua mata pelajaran
Pembahasan :
Jawaban : D
2.Manakah pernyataan berikut yang salah?
A.Numerasi dapat diterapkan di soal Bahasa Indonesia
B.Kemampuan numerasi adalah kemampuan murid dalam berhitung saja
C.Numerasi dapat diterapkan di pelajaran kesenian
D.Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : B
3.
Andi mempunyai praktik memasak besok di sekolah. Kegiatan yang dilakukan Andi adalah menghitung jumlah uang, memperkirakan berapa banyak sayuran yang ingin ia beli dan memperhitungkan jarak dari rumah ke pasar.  Semua kegiatan ini termasuk ke dalam kegiatan numerasi.

Pernyataan di atas adalah?
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban : A
4.Lengkapilah kalimat di bawah ini!
Penguatan numerasi di sekolah adalah tanggung jawab dari ...
A.Kepala sekolah dan Guru
B.Kepala sekolah
C.Guru matematika
D.Guru IPAS
Pembahasan :
Jawaban : A
5.
Bu Dion adalah guru kelas 1 SD yang mengajar di daerah perkebunan kopi. Ia kemudian mengajak peserta didiknya untuk mengamati pengolahan kopi. Ia juga meminta anak-anak mengamati penimbangan kopi yang dilakukan oleh petani kopi.

Apakah kegiatan bu Dion termasuk dalam aktivitas numerasi?
A.Ya, karena Bu Dion mengajak anak-anak ke perkebunan kopi
B.Tidak, karena tidak ada tugas menghitung yang dikerjakan anak-anak.
C.Tidak, karena aktivitas numerasi harus tertulis tidak hanya mengamati
D.Ya, karena anak-anak mengamati proses penimbangan yang melibatkan ketelitian dan presisi
Pembahasan :
Jawaban : D
6.Guru PJOK bukan berarti tidak bisa melakukan kegiatan penguatan numerasi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ialah mengukur tinggi dan lebar gawang bola juga mengukur jarak antar gawang sehingga jaraknya akurat.

Pernyatan di atas adalah?
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban : A
7.Di kelas Bu Tirta, ada kegiatan yang ikut membangun kemampuan numerasi dan literasi peserta didik. Misalnya di dalam kegiatan :
A.Menulis rapi
B.Membaca artikel
C.Mengolah data dari infografis
D.Melakukan wawancara
Pembahasan :
Jawaban : C
8.Saat kita ingin melakukan kegiatan numerasi dalam kelompok, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah?
A.Membagi peserta didik tanpa perlu memetakan kemampuan numerasinya terlebih dahulu
B.Tidak perlu melibatkan murid dalam penentuan perannya
C.Membagi peserta didik dengan memetakan kemampuan numerasinya terlebih dahulu
D.Tidak perlu melibatkan murid dalam kegiatan kelompok
Pembahasan :
Jawaban : C
9.Aktivitas numerasi dapat diawali dengan permasalahan kontekstual yang ada di sekitar peserta didik.  Berikut contoh yang salah mengenai aktivitas numerasi ialah ...
A.Pak Budi mengajar di sekitar pantai, ia meminta anak-anak menyusun pola bilangan dari kerang.
B.Pak Anton mengajar di pegunungan, ia meminta anak-anak mengukur luas satu tepak kebun dengan alat pengukur panjang
C.Bu Noni mengajar di dekat sawah, ia meminta anak-anak SD memperkirakan tinggi gedung bertingkat yang ada di kota
D.Bu Damar mengajar di perkebunan kopi, ia meminta anak-anak membuat pola pengubinan dari biji kopi
Pembahasan :
Jawaban : C

Demikian pembahasan mengenai Modul 5 Aktivitas Numerasi yang Menyenangkan dan Inspiratif platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.

MODUL

Aktivitas Numerasi yang Menyenangkan dan Inspiratif

Modul ini memberikan gambaran terkait ragam strategi kegiatan numerasi yang menyenangkan dan bermakna pada beberapa mata pelajaran. Terdapat dua contoh jenjang yang dapat menjadi inpirasi. Ibu dan Bapak dapat memodifikasi dan menyesuaikan aktivitas sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang diampu.

Daftar Materi:

  • Aktivitas Numerasi 1
  • Aktivitas Numerasi 2

Langkah Penyelesaian Modul

  1. Belajar materi
  2. Refleksi pembelajaran
  3. Post Test

Dikembangkan oleh

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Tim ahli GTK Kemdikbudristek

Labels: jawaban post test

Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 5 Aktivitas Numerasi yang Menyenangkan dan Inspiratif. Silahkan bagikan...!

0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 5 Aktivitas Numerasi yang Menyenangkan dan Inspiratif"

Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat

Back To Top