Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran. semua pihak yang terlibat dan berkaitan langsung dengan fungsi kurikulum ini wajib memahaminya. Pihak pihak seperti pelajar atau peserta didik yang menjalankan kurikulum, pihak orang tua peserta didik, guru atau pendidik, maupun pemerintah melalui sekolah maupun dinas pendidikan wajib memahami kurikulum yang sedang diterapkan.
1. | Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid. | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
2. | Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali… | |
A. | Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan | |
B. | Mengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan | |
C. | Mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut | |
D. | Mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
3. | Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah… | |
A. | Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid | |
B. | Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri | |
C. | Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman | |
D. | Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju | |
Pembahasan : Jawaban : C | ||
4. | Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah…. | |
A. | Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum | |
B. | Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan | |
C. | Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya | |
D. | Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
5. | Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah …. | |
A. | Tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah | |
B. | Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda | |
C. | Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan | |
D. | Guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
6. | Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah…. | |
A. | Meminta murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket | |
B. | Melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya | |
C. | Mengajak murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewani lainnya | |
D. | Mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
7. | Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah... | |
A. | Kondisi daerah satuan pendidikan | |
B. | Latar belakang ekonomi murid | |
C. | Sarana dan prasarana satuan pendidikan | |
D. | Semua benar | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
8. | Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:
| |
A. | Mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada | |
B. | Memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini | |
C. | Mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja | |
D. | Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah | |
Pembahasan : Jawaban : D |
Jawaban : murid
Jawaban : dinamis
Jawaban : geografi
Jawaban : salah
Demikian pembahasan mengenai Modul 1 Topik Kurikulum Merdeka, Makna Kurikulum dalam Pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat.
MODUL
Makna Kurikulum dalam Pendidikan
Mengapa kurikulum berubah-ubah? Bagaimana adaptasi kurikulum dilakukan di tingkat sekolah? Mari berdiskusi seputar pengertian dan penggunaan kurikulum di modul ini.
Daftar Materi:
- Tentang Kurikulum
- Kurikulum dalam Pembelajaran
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
- Post Test
Dikembangkan oleh
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Itje Chodijah
Pelatih Guru
Terima kasih telah membaca Jawaban Post Test Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan. Silahkan bagikan...!
0 Komentar untuk "Jawaban Post Test Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan"
Komentarlah dengan bijak dan bermanfaat